Atasi Gangguan Pendengaran

Pendengaran merupakan salah satu indra yang sensitif ketika pendengaran fungsinya berjalan dengan baik akan sangat membantu tentunya tetapi ketika muncul gangguan pendengaran inilah biasanya telinga sampai berdengung keras dan merasakan sakit yang luar biasa . Ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh gangguan pendengaran ini seperti kurang jelas jika orang lainberbicara sehingga perlu mengulanginya , tidak mendengar suara bunyi seperti dering telfon atau bel rumah , Mengalami kesusahan ketika mendengar dalam kondisi keramaian , Ketika mendengarkan musik apalagi menggunakan earphone atau televisi akan cenderung mengeraskan volume suara nya bahkan sampai batas tertinggi , membutuhkan konsentrasi penuh saat berbicara jika tidak akan tidak terdengar dan sulit menebak sumber arah suara . Gangguan pendengaran termasuk gangguan kesehatan yang bisa tiba tiba pendengaran hilang seluruhnya atau pendengaran setengah setengah menghilang ini bisa dikarenakan factor sering terkena suara yang nyaring atau keras bisa juga karena factor usia . Gangguan pendengaran ini secara umum ada dua jenis yaitu : Gangguan pendengaran sensorineural (tuli) yang disebabkan obat obatan , serangan stroke , cedera kepala , sering mendengar suara nyaring dan factor keturuan ini menyebabkan adanya kerusakan saraf pendengaran atau kerusakan sel rambut sensitif di telinga bagian dalam . Selanjutnya Gangguan pendengaran konduktif disebabkan oleh kotoran telinga , infeksi pada telinga , adanya tumor jinak ditelinga yang menyumbat , dan barang asing masuk ketelinga ini semua menyebabkan gelombang suara tidak bisa masuk ke telinga bagian dalam sehingga tidak dapat mendengar . Jika kalian sudah merasakannya biasakan segera periksa ke dokter terdekat , Beberapa langkah yang biasanya dilakukan dokter untuk pemeriksaan pendengaran adalah : 1) Pemeriksaan Telinga , Tentu saja hal pertama pasti memeriksa terlebih dahulu menggunakan otoskop . Pemeriksaan ini akan memastikan apakah ada benda asing atau hal yang menyumbat ditelinga dan masalah pada telinga . 2) Pengujian menggunkaan Garpu tala , ini biasanya digunakan untuk menentukan bagian telinga mana yang rusak atau untuk mendeteksi gangguan suara . 3) Pengujian menggunakan Audiometri nada murni  , ketika pengujian ini pasien disuruh menggunakan headphone dan ada sebuah mesin yang mengeluarkan suara berbeda beda volume dan frekuensi nah disini si pasien disuruh menekan tombol jika mendengar suara tersebut . Ini semua dilansir dari alodokter dan ada beberapa cara mengatasinya yang dibahas juga yaitu :

  1. Hindari lingkungan yang terlalu berisik untuk anda , karena itu bisa menganggu telinga anda secara perlahan akan merusak pendengaran anda juga .
  2. Menggunakan Headphone dapat membantu menahan suara luar ketika anda mendengarkan musik ini juga perlu diperhatikan jika anda menggunakan headphone tetap jaga volume agar tidak terlalu keras ditelinga
  3. Ketika anda sudah terbiasa di lingkungan yang bersuara berisik atau keras ujilah pendengaran anda secara bertahap .
  4. Hindari kegiatan yang bisa menciderai pendengaran seperti mengeraskan volume atau bermain senapan tetapi tidak menggunakan penutup telinga.
  5. Jangan merokok, ternyata asap rokok bukan hanya menganggu kesehatan dalam loh tetapi juga mempengaruhi pendengaran . Dengan menghirup asap rokok ini membuat pendengaran kita menjadi memburuk perlahan lahan .
  6. Jangan memasukkan benda asing kedalam telinga seperti contoh yang paling sering dilakukan adalah membersihkan telinga dengan cotton bud tetapi memaksa nya masuk ketelinga sehingga menyebabkan infeksi atau peradangan .
  7. Jika pendengaran terganggu dan telinga sering berdengung silahkan periksakan ke dokter terdekat agar mendapat perawatan intensif .

Sumber gambar : detikhealthy.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *